Senin, 30 Mei 2011

SOUND CARD


SOUND CARD
Sound card adalah peralatan computer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara. Perangkat ini berguna untuk mengeluarkan suara.
Sound card atau pita suara adalah:
“suatu perangkat keras computer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan  merekam  suara”
Pada awalnya sound card hanyalah sebagai pelengkap dari Komputer. Sekarang telah menjadi perangkat wajib disetiap Komputer.
Dilihat dari segi pemasangannya sound card terbagi atas 3:
v  Sound card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard computer.
v  Sound card Offboard, yaitu sound  card yang pemasangan nya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata rata sekarang sudah menggunakan PCI.
v  Sound card External, yaitu sound card yang penggunaannya disambungkan ke computer melalui port eksternal seperti USB atau FireWire.
Salah satu contoh sound card yang banyak dan sukses di gunakan di Indonesia adalah Sound Blaster dari creative labs.
CARA KERJA
Ketika kita mendengarkan suara dari sound card, data digital suara yang berupa waveform, wav atau Mp3 dikirimkan ke sound card. Data digital tersebut dip roses oleh DSP (Digital Signal Processing = pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog converter = konversi digital ke analog). Mengubah sinyal analog yang kemudian sinyal analog tersebut diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.
Ketika kita merekam suara lewat microphone, suara kita yang berupa analog diolah oleh DSP dalam mode ADC (Analog Digital converter = konversi analog ke digital), mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital berkelanjutan. Sinyal digital ini disimpan dalam format waveform table atau biasa ditulis dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain sepeti Mp3. 
SOUND CARD 1
SOUND CARD 2

2 komentar:

  1. blog kamu sudah saya cek, untuk posting selanjutnya susunan penulisan & gambar diatur kembali agar nampak lebih baik.. kept blogging..

    BalasHapus